Google Search

Jumat, 26 Juni 2009

Kuliah Tentang SIM - Outsourcing


Disajikan dengan baik materi kuliah oleh Pak Dr. Ir. Arif Imam Suroso, MSc (CS). Topik yang dibicarakan berkisar tentang pentingnya membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM), khususnya melalui pemanfaatan outsourcing IT. Ada 10 alasan yang membuat sebuah perusahaan memerlukan Oursourcing IT, yaitu:
1. Reduce and control operating cost
2. Improve company focus
3. Gain access to world class capabilities
4. Free internal resources for other purposes
5. Necessary resources are not available internally
6. Accelerate reengineering benefits
7. Function is difficult to manage internally or is not of control
8. Make capital funds available
9. Share risks
10. Cash infusion

Sebuah sistem juga harus Functionality dan Usability, yang artinya harus dapat menjalankan fungsi yang diinginkan serta dapat digunakan dengan mudah. Bagaimana sekarang kondisinya dengan banyaknya departemen-departemen pemerintah yang melakukan oursourcing IT-nya melalui jasa konsultan? Memang jauh dari makna functionality, apalagi usability, karena proyek-proyek IT banyak yang dilakukan hanya sebatas pemenuhan program dan sebatas menghabiskan anggaran saja. Nilai proyek juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Sistem Informasi yang dibangun. Kelemahan sektor inilah yang membuat bangsa Indonesia kurang mampu bersaing dengan negara-negara lain, terutama pada prosedur pelayanan publik, khususnya masalah kemudahan investasi.

Oleh karena itu, pembenahan manajemen proyek dan pemahaman SDM birokrasi akan pentingnya SI bagi departemen mereka sangat diperlukan, sebelum melangkah lebih jauh dalam menata Sistem Informasi secara terintegrasi.

Tidak ada komentar:

Lencana Facebook